Minggu, 19 Januari 2014

SABAR

Sabar, merupakan sebuah kata yang kerap diucapkan oleh semua orang disaat masalah dan cobaan menghampiri, sebuah kata jadi penenang buat jiwa.

Sabar juga bisa di artikan sebagai sebuah sikap menahan diri, mampu mengontrol emosi dari segala sesuatu. Banyak orang yang tidak merasakan kebahagiaan menjalani hidup ini, itu karena mereka kurang memiliki kesabaran. Segala sesuatu yang dikerjakan atau kita perbuat, kita inginkan itu ada prosesnya, dan terkadang semua itu tidak selamanya membuahkan hasil yang  menggembirakan. Terkadang dalam hidu ini, kita juga dihadapkan pada banyak rintangan, tantangan ,cobaan dan bahkan kegagalan. Untuk itu kita semua dituntut harus bersabar, karena orang yang tidak mampu sabar kerap menciptakan hal buruk dalam hidupnya.


Banyak orang yang berkata “Sabar itu ada batasnya”, namun saya menegaskan menurut pandangan saya sendiri bahwa “sabar itu tidak ada batasnya”. Kesabaran akan semakin kuat dan tumbuh besar dalam hidup seseorang seiring dengan dia mampu mengontrol diri, menahan emosi dan menenangkan hatinya. Orang yang sabar adalah mereka yang berjiwa besar, tidak mudah tersinggung, pemaaf, murah hati dan banyak lagi pribadi hebat lainnya.
Sabar bukanlah sikap diam dan pasrah dalam menghadapi sesuatu, tapi kesabaran adalah suatu sikap yang mampu menenangkan dan mengontrol diri. Orang yang mampu tenang dan bisa mengontrol diri dalam menghadapi sesuatu, akan mudah menemukan solusi, akan mudah menemukan kunci jawaban kehidupan, akan mampu menjadi pemenang sejati.


Saya dulunya seorang yang berprofesi sebagai Teknisi Elektronika  (audio-video), pekerjaan saya ini sangat melatih  saya untuk sabar. Bagaimana tidak? Ketika ada konsumen membawa barangnya ke bengkel saya untuk di service dan konsumen ini kebetulan cerewet dengan kata lain suka tanya sana-sini, padahal saya sedang bekerja dan pekerjaan itu membutuhakan fokus untuk menganalisa kerusakan. Yah, mau tidak mau saya harus bersabar menghadapinya, saya harus bekerja sambil mengobrol dan menjawab pertanyaannya. Demikian pula dalam mengerjakan hal lainnya, misalnya; saya sedang memasang Instalasi Audio Mobil mewah, disini kita dituntut untuk sabar karena untuk membuka Dhasbot dan bagian lainnya kita harus hati-hati jangan sampai lecet kalau tidak kita akan menggantinya (Untuk beli baju dan celana sederhana saja belum tentu sekali dalam setengah tahun, apa lagi kalau saya ganti atau cat bagian mobil yg rusak ,yg harganya jutaan bahkan puluhan juta, belanja celana dalam saja belum tentu sekali sebulan.    Hahahaha…..). Untuk menganalisi kerusakan kita harus sabar, dan bisa sampai berjam-jam bahkan sehari.
Nah, sikap saya dalam bekerja seperti yg saya ceritakan  diatas adalah merupakan aplikasi kesabaran saya dalam bekerja. Intinya sabar itu bukan pasrah atau diam, tetapi sabar itu mampu berusaha untuk melakukan yang terbaik, mampu mengontrol diri tapi terus berusaha.


Saya juga orang yang hobynya main Game online khususnya Texas Poker, disini saya menemukan makna dari sebuah kesabaran. Main Poker itu bukan asal main saja, tapi kita harus sabar melihat peluang, memiliki mental yang kuat ketika di mof, dan sabar menunggu kartu yang bagus. Jika kita tidak sabar maka maka kekalahan akan terus-terusan menjadi milik kita, bisa saja semua Chip yang kita miliki raib di sikat oleh lawan main yang kartunya bagus. Demikian pula dalam hidup ini, ketika kita sedang bertanding atau berusaha untuk memenangkan kompetisi kehidupan , maka kita harus bersabar dan terus berusaha menanti hasil yang terbaik.
Jika kita mengaplikasikan kesabaran dengan kata Pasrah atau diam maka anda tidak akan pernah berhasil mewujudkan impian anda, bahkan anda akan semakin terpuruk dengan keadaan.


Sifat sabar sangatlah dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan atau kesuksesan, karena sifat sabar itu merupakan sifat yang sangat mulia dan tentunya orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang menempati posisi istimewa.


Sudahkah kita menjadi orang hebat yang mempunyai kesabaran? Jangan menyerah, masih banyak waktu buat kita untuk merubah dan berbenah diri, perjalanan masih panjang, lakukanlah dan jangan sampai anda menyesal di kemudian harinya.


Pribadi yang Sabar adalah pribadi yang mampu menguasai diri, mampu menahan amarah sehingga bisa mengarahkan segala sesuatu kearah yang lebih baik atau arah yang positif.


Orang yang sabar adalah orang yang memiliki sifat-sifat kebaikan, bijak sana, tepat dalam mengambil keputusan, berinisiatif, progresif, berani mengakui kesalahan dan kekurangan, dan tidak akan memperburuk keadaan.
Milikilah pribadi yang Sabar, maka anda akan menikmati keindahan hidup ini!


TETAP SEMANGAT DAN SEMOGA SUKSES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar