Selasa, 14 Januari 2014

BERSYUKUR



Anda mungkin sering mendengar bahwa kita harus bersyukur dalam hidup ini, tetapi tahukah anda apa yang harus kita syukuri tersebut? Banyak orang yang berpikir bahwa, kita bersyukur itu ketika dalam keadaan bahagia atau senang.
Disini Saya akan mencoba mengajak anda untuk memahami tentang bersyukur yang sebenarnya dan tentunya ini menurut pandangan saya pribadi.

Ketika kita dalam masalah dan dihadapkan dengan banyak cobaan, kerap kali kita tidak mensyukuri hal itu. Kita hanya melihat semua itu adalah sebuah musibah, bahkan tak jarang orang mengecam masalah yg dia hadapi. Sebenarnya masalah-masalah dan cobaan yang datang pada diri kita adalah, merupakan suatu pembelajaran dan latihan yang sangat berarti dan sangat besar manfaatnya.
Saya teringat ketika pesawat yang saya tumpangi dari Nias mengalami delay yg cukup lama, sampai saya mara-marah pada petugas yang ada di bandara saat itu. Saat itu saya tdk sadar kalau USB Flash Drive saya ketinggalan di rumah, banyak dokumen tersimpan di USB tersebut yang harus saya bawa. Jika saja pesawat tidak delay, saya tidak pernah membuka tas dan mencoba menulis untuk menghilangkan kejenuhan, pada saat itulah saya sadar bahwa USB tersebut ketinggalan. Maka saya coba hubungi teman untuk mengantarkannya ke Bandara. Saya bersyukur atas Delaynya pesawat tersebut, keberangkatan saya akan sia-sia tanpa USB Flash Drive saya. Saya tidak akan pernah belajar jadi Penulis buku, jika bukan karena Taxi yg tidak memberi saya tumpangan (Lain waktu saya ceritakan). Masih banyak kisah lain yang dianggap sebagai sebuah masalah dan bisanya jadi berkat, dan itu bukan hanya saya tapi di kehidupan anda juga pasti pernah anda alami.

Untuk itu, marilah kita bersyukur atas apa yang telah kita terima, kita alami, dan atas apa saja yang terjadi dalam hidup kita. Bukan hanya disaat kita berhasil, bukan hanya disaat kita bahagia, tetapi disaat kita dalam masalah, cobaan sekalipun kita seharusnya bersyukur. Marilah kita bersyukur dan berterima kasih pada Tuhan yang telah menganugerahi kita kehidupan, baik itu dalam kondisi senang maupun susah. Tuhan tidak akan pernah mencobai manusia melebihi batas kemampuan manusia itu sendiri. Mungkin anda saat ini sedang mengalami banyak masalah dalam hidup anda, cobaan datang silih berganti, percayalah bahwa semua itu ada hikmatnya. Anggap saja semua itu sebagai ujian dan latihan yg membuat anda akan lebih hebat lagi.

Kebahagiaan seseorang itu tidak diukur dari kekayaan materi dan bukan pula dengan prestasi yang anda raih. Tak ada yang bertanggung jawab atas kebahagiaan anda selain diri anda sendiri. Banyak orang yg memiliki harta melimpah, tapi mereka tidak bahagia atas yg mereka miliki. Seperti halnya para pejabat yang korupsi dan masuk penjara, orang-orang kaya yang sedang sakit parah, banyak orang yang sukses dan memiliki harta yg banyak tetapi keluarganya berantakan karena selingkuh. Banyak juga orang yang profesinya kuli hari, tukang becak tapi mereka bisa tertawa dan tersenyum dalam keluarga dan kehidupannya, dan yang paling penting mereka mampu bersyukur atas anugerah yang telah mereka terima.
Jika anda mengalami masalah atau kemalangan hidup, jangan pernah menyalahkan orang lain, apalagi menghujat sang Empunya hidup. Seringkali kita menginginkan kehidupan yang sempurna tanpa memahami bahwa kita perlu untuk merubah diri sendiri, membuat apa yang kita miliki lebih bernilai dan berguna menjadi bekal untuk menjalani perantauan yang panjang dalam perjalanan menuju kampung abadi nanti. Walau hidup bukan milik kita, tapi Tuhan memberikan kita hak penuh untuk mengatur hidup kita. Bersyukurlah atas segala sesuatu dan anda kan merasa betapa indah dan nikmatnya hidup ini, karena kebahagiaan itu ada di sini (di hati kita).
Bersyukur artinya membuat diri memancarkan aura positif, kita mampu berpikir positif, bertutur kata positif dan bertindak positif. Esensi Bersyukur terpancar pada tindakan kita setiap saat, dan dimanapun kita berada. Bentuk dari rasa syukur banyak ragamnya, yaitu; kita bisa bersabar, ikhlas, berdoa, bertutur kata yang baik, melakukan tindakan  yang baik. Implementasi yang lainnya adalah mengucapkan terima kasih pada orang yg bertindak tidak sopan pada anda, memaafkan orang yang telah melukai anda, peduli dengan orang yang di timpa masalah/musibah walau hidup anda sendiri tidak lebih  baik atau mudah darinya, menerima dengan lapang dada atas kegagalan yang kita alami dan berusaha untuk memperbaikinya.

Ketika kita mampu bersyukur maka banyak hal positif yang tercipta dalam hidup kita. Dengan sikap dan sifat positif yang kita miliki, maka kebahagiaan akan selalu ada di depan kita. Sikap bersyukur akan mengubah kemalangan atau musinbah menjadi kebahagiaan dan keberuntungan. Tak ada hal buruk yang datang dari Bersyukur, tapi dengan bersyukur anda akan bahagia.
Bersyukurlah dalam  segala hal dan wujudkan rasa syukur anda dalam tindakan dan sikap baik di kehidupan anda.


TETAP SEMANGAT DAN SEMOGA SUKSES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar