Jumat, 24 Januari 2014

JANGAN MENGHANCURKAN MASA DEPAN ANDA DENGAN MENGGUNAKAN MASA LALU

Banyak orang yang kacau bahkan hancur berantakan hidupnya, hanya karena ulah masa lalunya. Ada banyak orang yang tak mampu berjalan ke masa depan hanya karena masa lalu. Banyak orang menangis dan terus bersedih mengenang masa lalunya. Sesungguhnya yang membuat anda kacau, sedih dan bahkan terpuruk dengan keadaan anda adalah pikiran anda sendiri.


Suatu ketika, saya pernah mengatakan pada seseorang yang lagi bersedih dengan masa lalunya. “Sudahlah, lupakan masa lalu anda dan berjuanglah untuk meraih hari esok yang lebih baik lagi”. Tapi, tiba-tiba dia menjawab “Saya sudah berusaha melupakannya, tapi masa lalu itu kerap datang menghantui saya, saya masih belum kuat untuk melupakan bayang-bayang itu”. Perkataannya itu yang sebenarnya, sudah melemahkan dirinya sendiri.
Jangan salah, dari ucapan kita tanpa kita sadari terkadang memberi kita semangat dan terkadang juga melemahkan diri kita. Contohnya; “Saya tidak mampu”, ucapan seperti ini secara tidak anda sadari sudah memberi sugesti negatif pada diri anda sendiri. Dengan tak sadar anda sudah memerintah pikiran anda dan kemudian pikiran anda tersebut memerintah anggota tubuh anda untuk “tidak sanggup”. Tetapi ketika anda berkata “Saya akan berusaha”, secara tidak anda sadari, ucapan anda telah memberi sugesti positif pada pikiran anda apa lagi jika anda menghilangkan kata “akan” dengan kalimat yang lebih hebat lagi “saya usahakan”. Ini menandakan anda akan bekerja keras, melakukan upaya dan terus berjuang, karena usaha adalah perjuangan.


Jika anda selalu menghantui pikiran anda dengan masa lalu buruk dan menyakitkan anda, maka masa lalu itu akan mengikat dan menguasai diri anda sendiri. Sebelum anda hancur dan semakin terpuruk serta semakin kuat terikat akan masa lalu anda tersebut, alangkah lebih baik jika anda berusaha untuk keluar dan lepas dari ikatan masa lalu buruk anda tersebut.
Coba anda renungkan hal ini dan bertanya pada diri anda sendiri; Sampai kapan anda membiarkan diri anda sengsara karena masa lalu? Apakah layak anda merasakan sakit terus menerus hanya oleh karena masa lalu? Apakah anda membiarkan kebahagiaan anda direbut oleh masa lalu? Apakah anda mau membiarkan masa depan anda hancur oleh karena masa lalu?
Anda harus memutuskan ikatan itu sekarang juga, anda tidak layak merasakan sakit yang berkepanjangan itu, anda harus berusaha untuk bahagia, anda harus mampu meraih masa depan anda yang lebih baik lagi. Anda seharusnya belajar dari masa lalu anda, anda seharusnya pergi dan meninggalkan masa lalu itu dan berlari menuju masa depan, dan anda harus mengusir masa lalu itu dari hidup anda. Coba perhatikan pakaian anda, tentu jika sudah koyak sana-sini dan lusuh, tak layak dipakai lagi, maka anda akan membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Begitu juga dengan masa lalu anda, semestinya anda membuangnya dan meninggalkannya karena hidup itu harus berubah, dan hidup butuh perubahan untuk lebih baik lagi. Segala sesuatunya di kehidupan ini, mengajarkan kita untuk lebih baru lagi, untuk lebih baik lagi, tentunya jika kita menyikapi segala keadaan itu dengan pikiran dan sikap positif. Ingat! Anda harus sadar bahwa yang menghalangi diri anda untuk pergi dari masa lalu anda adalah pikiran anda sendiri.


Masa lalu anda akan menjadi penyakit besar bagi anda untuk maju, akan menjadi kecemasan yang luar biasa pada diri anda, akan menjadi ketakutan yang hebat, dan seterusnya akan menghancurkan hidup anda, jika anda tidak mau pergi dan tidak mau melupakan masa lalu buruk itu. Untuk itu, beranjaklah saat ini juga tinggalkan masa lalu anda, adakan perubahan dalam diri anda, jangan sampai anda hanya mendapatkan sisa dari mereka yang mau menerima dan melakukan perubahan. Seorang yang bijak, akan mampu melihat potensi baik kedepannya dan orang yang bodoh akan diam mengingat masa lalunya.


Jangan menyia-nyiakan diri anda dengan memikirkan masa lalu anda, tetapi gunakan waktu anda seefesien mungkin untuk memikirkan masa depan yang lebih baik lagi. Anda harus bersyukur akan kebaikan Tuhan dalam diri anda, bersyukur karena Dia memberi anda pelajaran berharga melalui masa lalu anda untuk meraih masa depan yang lebih baik. Tuhan menghendaki umatnya untuk lebih baik, dan bukan untuk lebih buruk. Tuhan tahu batas kemampuan anda, maka marilah kita berusaha secara maksimal dan selebihnya biarlah Tuhan yang mengambil bagiannya. Tetaplah semangat, teruslah bekerja dan berusaha, berpikirlah positif, dan raih masa depan anda.

“Masa lalu bukan untuk dikenang terus menerus, tetapi masa lalu adalah pembelajaran untuk masa depan”

“Anda bukan tak mampu dan anda juga bukan tak kuat, tetapi pikiran negatif yang membuat anda lemah. Berpikirlah positif dan lakukan yang terbaik untuk hidup anda”.

“ Masa lalu buruk itu adalah penyakit dan anda harus segera mengobatinya dengan resep obat yang ampuh yaitu pikiran positif anda, semangat anda dan kerja keras anda”.


TETAP SEMANGAT DAN SEMOGA SUKSES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar