Rabu, 08 Januari 2014

CEMBURU



“Tak ada yang lebih kuat dari cinta yang tulus dari hati, kamu harus percaya untuk saling memahami, dan kamu harus memahami untuk saling percaya.”

Kata cemburu ini menurut banyak orang sering dikaitkan dengan istilah rasa sayang, biasanya banyak yang mengatakan bahwa cemburu itu merupakan pertanda bahwa seseorang itu sayang.
Tapi menurut saya, cemburu itu adalah sesuatu bentuk perasaan yang timbul karena ego dimana seseorang akan tidak suka melihat pasangan (orang yang kita sayangi) lebih mementingkan/memperdulikan orang lain di banding pribadi kita. Kita juga bisa mendefenisikannya dengan sederhana, yaitu; suatu perasaan tidak suka atau tidak senang yang muncul pada diri kita, akibat melihat sikap orang yang kita cintai/kita sayangi terhadap orang lain.

Emang sich, secara pribadi saya akui cemburu itu tanda sayang. Tetapi cemburu yang berlebihan akan berdampak buruk buat orang lain dan bahkan untuk pribadi kita sendiri. Bisa jadi perasaan kita tidak tenang dan gelisah, bisa saja kita melakukan hal yang fatal karena diluar batas kendali yang diakibatkan oleh rasa cemburu yang berlebihan. Cemburu emang hal yang wajar yang tidak bisa kita pungkiri, saya dan begitu pula dengan anda pasti pernah merasakannya.

Cemburu sering terjadi bagi orang yang sedang menjalin hubungan cinta, orang yang lagi jatuh cinta, orang yang pacaran, suami istri bahkan cemburu juga bisa muncul di lingkungan pekerjaan, bisnis atau rekan kerja bahkan dimana saja kita berada. Dalam sebuah hubungan cinta baik itu pacaran maupun di keluarga, bahkan jika seseorang sedang jatuh cinta perasaan cemburu sering kali muncul baik pada si perempuan maupun pada laki-laki dan memang hal itu bisa saja terjadi kaarena adanya cinta.
Tetapi jika cemburu yang berlebihan itu sudah diluar kendali, itu pasti dampaknya sangat buruk. Bahkan bisa menjadikan suatu hubungan itu berantakan hanya karena rasa cemburu yang berlebihan. Cemburu bisa saja muncul karena berbagai macam hal, bisa jadi karena seseorang itu lebih mementingkan orang lain dari pada pasangannya. Bisa jadi juga, kita sedang mencintai orang lain tapi dia lebih mencintai orang lain dan itu bukan kita. Dan masih banyak hal lainnya yang memicu datangnya kecemburuan.

Bentuk cemburu ada berbagai variasi, ada yang secara buka-bukaan mengutarakan rasa cemburunya dan biasanya ini dalam bentuk emosi (marah). Tapi tak sedikit juga yang mengutarakan rasa cemburunya dengan nada yang sopan dan baik (biasanya ini orang yg pintar dan berjiwa besar). Ada juga yang tidak mau terbuka, tapi dalam hati dan perasaannya timbul rasa cemburu tapi dia memilih untuk memendam atau diam (kebanyakan ini terjadi pada wanita karena lebih mengedepankan perasaan). Maka dari itu, upayakanlah mengendalikan rasa kecemburuan anda, jangan sampai berlebihan (over) agar tidak berdampak negatif (Berdampak buruk) bagi diri anda sendiri dan juga buat orang lain.

Kecemburuan menurut saya ada dua (2) versi : yaitu cemburu cinta dan cemburu nafsu.
1.     CEMBURU CINTA (Cemburu wajar).
Jika anda cemburu cinta itu hal yang sangat wajar menurut saya, tetapi tentunya tidak dalam konteks yang berlebihan (cemburu buta). Cemburu cinta adalah cemburu yang biasanya muncul di tengah pasangan yaang tulus, dimana timbul kecembuarauan yang wajar karena dia memang punya hak untuk cemburu pada pasangannya (orang yang dia sayang) tersebut. Misalnya; Suami/Istri yang melihat pasangannya selingkuh atau bersama orang lain tanpa alasan yang pasti. Ini wajar saja mereka cemburu karena mereka adalah pasangan yang sah.
Contoh lainnya; pasangan kekasih (pacaran) yang punya komitmen ke jenjang yang lebih serius (pernikahan), ini wajar saja mereka saling cemburu jika melihat pasangannya berbuat hal yang tidak baik (selingkuh), karena mereka sudah punya komitmen atau janji.

2.     CEMBURU NAFSU (cemburu yang tidak wajar)
Cemburu nafsu ini adalah merupakan cemburu yang tidak memiliki prinsip atau tidak memiliki sebuah ikatan. Bisa jadi ini cemburu yang muncul seketika dan tidak wajar sebetulnya karena cemburunya tidak memiliki dasar yang kuat. Misalnya; seseorang yang menyukai orang lain padahal dia sudah punya pasangan. Biasanya mereka menyukai orang lain tersebut diluar pasangan mereka hanya karena nafsu (melihat kecantikan, ketampanan, kesexyan, atau mungkin ingin mencoba rumput tetangga atau bahkan ingin mengumbar nafsu dimana-mana), dan mereka akan mencemburui orang lain yang bukan pasangannya tersebut jika melihat berdekatan atau punya hubungan dengan orang lain. Menurut saya, ini merupakan kecemburuan yang tidak wajar karena mereka tidak punya hak untuk cemburu pada diri orang lain tersebut.
Ada lagi yang lain, Misalnya; cemburu karena melihat orang lain sukses, cemburu akan jabatan orang lain, cemburu akan karir orang lain, dan banyak hal lainnya. Cemburu ini sangat berbahaya, karena si pencemburu akan nekat berbuat apa saja.


Pada masalah cemburu ini (Cemburu Cinta & Cemburu Nafsu), saya ingin sarankan pada pembaca yang budiman; Untuk bisa mengendalikan diri, mengontrol emosi, mengatur ego yang berlebihan dan jangan mengikuti hawa nafsu, karena bisa-bisa kecemburuan akan berdampak sangat buruk buat diri anda, teman, saudara, keluarga dan siapa saja.
Cemburulah karena rasa cinta yang wajar, karena sesungguhnya juga Tuhan telah menganugerahkan sifat cemburu itu pada manusia, tetapi tentunya dalam bentuk yang sifatnya positif.
Jauhilah kecemburuan yang timbul karena nafsu semata, ingatlah orang yang sudah menjadi pasangan dan orang yang telah punya komitmen dengan anda, dan cintailah mereka dengan seikhlas dan sebaik-baikanya karena itu merupakan anugerah TUHAN terbesar buat dirimu.


Disini saya akan berbagi Tips agar anda jangan sampai cemburu berlebihan.
1.     Wajar saja kita bertanya pada pasangan, kekasih atau orang yang kita cintai. Entah itu tentang keberadaannya, dia lagi ngapain, dan bagaimana keadaannya. Tapi jangan sampai tiap menit, tiap jam anda bertanya, karena ini bisa jadi membuet dia tidak nyaman.
Ingat ! Pasangan/kekasih anda , pastinya punya kesibukan sendiri, baik itu dengan pekerjaannya maupun dengan aktifitas lainnya.
Berusaahalah untuk mempercayai pasangan anda dan bangun komunikasih dua arah yang sifatnya sportif(komunikasi yang sehat).

2.     Jangan berbuat hal yang bodoh (berbicara hal yang sia-sia), misalnya; Memancing cerita pasangan/kekasih anda yang ujungnya akan membuat kamu cemburu.

3.     Jangan berpikir yang aneh-aneh tentang pasangan kamu, karena pola pikiran anda semacam itu yang akan mengacaukan pikiranmu dan membutakan hatimu.

4.     Jujurlah mengungkapkan apa yang kamu cemburuin dan jangan menyembunyikannya, tetapi perlu anda ingat sampaikanlah dengan kata baik dan sopan, dan jangan mengumbar amarah. Mungkin saja dengan keterbukaan anda itu, kalian bisa saling menjelaskan dan mencari solusi dari permasalahan yang anda hadapi.

5.     Milikilah kesabaran, karena kesabaran itu adalah hal yang paling mulia.

6.     Selalu tenangkan diri dan Berdoalah buat pasangan, kekasih, atau orang yang anda cintai tersebut, karena Doa punya kekuatan yang kuat memulihkan segalanya. Tiada hal yang mustahil bagi Tuhan, asal anda percaya dan tulus ikhlas.


INGAT!!!
“Orang yang sebenarnya tulus mencintai kamu adalah, dia yang meskipun tahu kekurangan kamu dan memahami betapa sulitnya untuk hidup bersama kamu, tetapi dia selalu menginginkan kamu hadir dalam hidupnya”
 “Terkadang kita merasa cinta itu menyakitkan, tetapi di satu sisi Tuhan sedang memberimu jalan untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik lagi, dari pada orang yang selalu membuat kamu terluka”
“Tidak perlu orang yang sempurna untuk kamu cintai, tetapi yang kamu butuhkan adaalah orang yang bisa mengisi kekuranganmu dengan kelebihannya dan begitu juga kamu sebaliknya. Karena yang paling kamu butuhkan adalah, orang yang selalu memperlakukan kamu dengan baik dan selalu ingin bersama kamu.”
“Berpikirlah bijaksana dalam menentukan sikap, kecemburuan dan ke khawatiran yang berlebihan akan menumbuhkan benih kebencian dalam dirimu. Tenangkanlah dirimu dan mohon petunjuk dari Tuhan melalui Doa kamu, percayalah kamu akan mendapatkan jalan keluar dan jawaban terbaik dari masalahmu.”

TETAP SEMANGAT DAN SEMOGA SUKSES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar